Sabtu, 23 Juni 2012

Cara Membeli Saham

Cara Beli Saham ternyata cukup mudah jika kita tahu caranya.  Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara beli saham.

Bagaimana membeli saham?  Bagaimana cara melakukan Investasi Saham?
Sebelum anda membeli saham atau melakukan investasi saham, anda harus membuka rekening terlebih dahulu pada sekuritas yang terdaftar sebagai anggota bursa di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Saat ini sudah banyak sekuritas yang menawarkan jasa online melalui internet (online trading), dimana anda perlu download software terlebih dahulu.  Ada bagusnya anda memilih sekuritas yg menyediakan layanan tersebut, sehingga dengan begitu anda akan semakin leluasa dalam bertransaksi dan memantau data-data yang ada selama perdagangan.
Dengan online trading, kita mempunyai pemantauan yang lebih baik untuk pergerakkan bursa, melakukan sell atau buy sendiri tanpa tergantung dengan pihak lain, sehingga dapat memberikan flexibilitas dan respons terhadap pergerakan pasar lebih cepat serta menghemat waktu dan biaya.
Sekuritas-sekuritas yang telah memiliki layanan online trading, diantaranya :

  • Etrading Securities
  • Indo Premier Securities
  • Phillip Securities Indonesia
  • Sinarmas Securities
  • Dan lain-lain
Saham yang diperjual belikan di bursa indonesia ada berbagai jenis  saham dan dijual dengan satuan lot yang berisi 500 lembar saham.
Jadi misalnya anda membeli saham PT A sebanyak 2 lot  yang saat ini di perdagangkan dengan  Share Price (harga saham) Rp. 150,-
Maka dana yang anda butuhkan secara perhitungan adalah :
( Rp 150,- x 2 x 500 ) + broker fee = Rp 150.000,- + broker fee
Broker fee untuk online trading biasanya sekitar 0,15%-0,2% dari nilai transaksi untuk beli dan 0,25%-0,3% dari nilai transaksi untuk jual.
Untuk memaksimalkan keuntungan sebaiknya kita mempunyai landasan trading system untuk mengetahui kapan waktu kita beli, berapa lama kita hold, dan kapan waktu kita jual.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar